Halaman

Sabtu, 21 Januari 2012

KEPUTIHAN

Keputihan normal umumnya dipengaruhimoleh beberapa faktor yaitu rangsangan hormon,stres,siklus haid dan aktivitas seksual,sedangkan keputihan yang tidak normal biasanya ditandai oleh jumlahnya yang banyak,berwarna kuning kehijauan atau ada juga yang berwarna putih susu dan juga berbau.
Keputihan yang tidak normal biasanya disebabkan adanya bakteri,dan jika tidak diobati secara benar dapat menimbulkan ketidak suburan,keguguran sampai dengan cacat pada bayi yang dilahirkan.Bakteri penyebab infeksi hidup pada PH tinggi,Lactobacilli "kepala satuan keamanan" 95% flora normal yang dapat dimusnahkan oleh antibiotik dan dauching.

Beberapa macam infeksi yang menyebabkan keputihan,antara lain :

  1. INFEKSI KUMAN GONORE yang disebabkan oleh Gonococcus.Pada pria menyebabkan kencing nanah.Gejalanya biasanya berupa keputihan warna kunig kehijauan dan telat bila diobati dapat menimbulkan nyeri perut bagian bawah.Dampaknya bila menjalar kekandungan akan menyebabkan kemandulan,bila terjadi pada ibu hamil dapat menimbulkan cacat pada bayi yang dilahirkan.
  2. INFEKSI KLAMIDIA disebabkan oleh chalmydia trachomatis yang menyerang leher rahim,penyakit ini menular melalui hubungan intim.Gejalanya biasanya tidak dirasakan,infeksi juga bisa ditandai dengan rasa nyeri saat berkemih dan berdarah setelah hubungan intim.Pada infeksi kronis dapat berdampak kemandulan atau hamil diluar kandungan dan pada ibu hamil dapat menyebabkan cacat pada bayi yang dilahirkan atau bayi menderita radang paru.
  3. KANDIDIASIS VAGINA penyebabnya adalah candida albicans.Gejalanya timbul cairan putih bergumpal seperti susu disertai rasa gatal,panas dan kemerahan.Penyakit ini tidak menular secara seksual akan tetapi pasangan akan mengeluh timbul bintik-bintik kemerahan dikulit kelaminnya.
  4. TRIKOMONIASIS penyebabnya adalah parasit trichomonas vaginalis,penyakit ini menular melalui hubungan seks,oleh karena itu maka kedua pasangan harus minum obat yang sama agar tidak terjadi infeksi pingpong.Gejalanyabiasanya keluar banyak cairan,kadang seperti berbusa,berwarna kehijauan dan berbau busuk.Dampaknya biasanya menimbulkan gatal-gatal serta rasa nyeri saat buang air kecil maupun ketika berhubungan intim.
  5. VAGINOSIS BAKTERIAL penyebabnya adalah bakteri gardnerella vaginalis dan bakreri anaerob.Gejalanya keputihan tidak banyak,berwarna abu-abu,lengket dan berbau amis.Dampaknya dapat menimbulkan komplikasi selama kehamilan dan setelah kelahiran,juga menyebabkan aborsi atau keguguran,infertilitas atau kemandulan serta memiliki resiko 40% lebih tinggi untuk kelahiran prematur.
Oleh karena itu jagalah selalu kebersihan diri kita,dan bila timbul gejala-gejala seperti diatas sebaiknya segeralah berobat kedokter agar segera mendapat penanganan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar